Fakta Jahe Untuk Kesehatan

Fakta Jahe untuk kesehatan - Menurut Wikipedia Jahe (Zingiber officinale), yakni flora rimpang yang sangat terkenal sebagai rempah-rempah dan materi obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa mayoritas pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.
Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang sanggup memperlihatkan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang terkenal di Eropa.

Berikut Fakta-Fakta Jahe untuk kesehatan.

1. Jahe sanggup melancarkan peredaran darah
Fakta jahe untuk kesehatan yang pertama yakni jahe sanggup melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

2. Jahe sanggup mengatasi Perut kembung

Fakta jahe yang kedua, jahe sanggup mengatasi perut kembung. Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe sanggup dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

3. Jahe sanggup mengobati Migrain

Fakta Jahe yang ketiga, Jahe sanggup mengobati migrain. Pada sebuah studi memperlihatkan jahe sanggup menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe sanggup untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

4.  Demam dan batuk
Fakta lainnya, jahe sanggup mengatasi demam dan batuk. Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan sanggup melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga sanggup dipakai untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya pengaruh samping menyerupai yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

5. Mencegah perut buncit
Fakta Jahe berikutnya sanggup mencegah perut buncit. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan sanggup mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

5.  Menurunkan tekanan darah
Jahe sanggup untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga sanggup memperlebar pembuluh darah, yang sanggup menjadikan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta sanggup meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Dan fakta jahe untuk kesehatan lainnya yakni :

6. Jahe dapat Menurunkan berat badan
7. Jahe sanggup Mengobati sakit gigi
8. Jahe sanggup Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur
9. Jahe sanggup Membuat tubuh perkasa
10. Faktanya jahe juga sanggup dijadikan sebagai Sebagai obat jerawat
Pada sebuah penelitian yang sebelumnya suda dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, untuk membantu dalam mencegah timbulnya nanah pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe sanggup menjadikan pengaruh samping menyerupai mules, iritasi, dan diare.
11.  Jahe sanggup dijadikan sebagai Obat mabuk perjalanan
12. Jahe Bersifat anti alergi
13. Jahe sanggup Mengobati morning sickness
14, Jahe sanggup Mengangkal radikal bebas
15. Jahe sanggup mengatasi Peradangan
16. Jahe sanggup Membersihkan kotoran dalam tubuh
17. Jahe sanggup  Memerangi sel kanker
18. Jahe Menurunkan kolesterol
19. Jahe dapat Mengobati luka gigitan ular
Cara memakai jahe untuk mengobati luka gigitan ular dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, kemudian tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun dan ini hanya dipakai sebagai derma pertama, untuk penanganan lebih lanjut penderita dibawa ke rumah sakit.
20. Jahe dapat Meredakan rasa sakit
Pereda rasa sakit alami dan juga sanggup dipakai untuk meredakan sakit kepala. Cara memakai dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau sanggup juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan menyerupai : soto, semur, atau pun rendang.
21. Jahe sanggup menjadi pereda ereda nyeri dan sendi kaku

Nah. Biar sanggup pribadi bikin minumannya. Berikut ada resep cara menciptakan weddang jahe, yang dilansir dari resepnasional.com

 yakni flora rimpang yang sangat terkenal sebagai rempah Fakta Jahe untuk kesehatan
Fakta Jahe untuk kesehatan. Courtesy Foto : Resep Nasional.com


Bahan :
  • 350 ml air bersih
  • 3 sendok teh bubuk kopi pahit
  • 1 ruas jahe bakar ( kupas kulitnya kemudian memarkan )
  • 70 gr gula merah
  • 1 sendok teh gula pasir
  • susu kental anggun putih secukupnya
  1. siapkan satu gelas untuk menyajikan
  2. rebus air dengan jahe hingga mendidih sambil diaduk-aduk
  3. masukkan gula merah, gula pasir dan kopi pahit kedalam rebusan jahe, aduk rata hingga gula larut
  4. tuang kedalam gelas saji yang sudah disiapkan sambil disaring biar tidak terbawa ampasnya
  5. tuang susu kental anggun secukupnya ( sesuai selera ) kedalam wedang kopi jahe, aduk hingga tercampur rata
  6. wedang kopi jahe siap disajikan

Itulah Fakta-Fakta Jahe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tag : Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan,Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan, Fakta Jahe untuk kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta Jahe Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel