Pelapukan Dan Proses Terjadinya Pelapukan

Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan - Hai sobat Blogger jemo Lintank, kali ini admin akan membahas perihal Pengertian pelapukan dan proses terjadinya pelapukan. Pelapukan-pelapukan ini terkadang yang menghasilkan tanah dan abu disekitar kita, Dengan membahas artikel pelapukan dan prosesnya terjadinya pelapukan ini, supaya kita sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan
Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan. Courtesy : GenerasiSalaf.files.wordpress.com


Pelapukan ialah insiden penghancuran atau perusakan dan pelepasan partikel-partikel batuan. Proses pelapukan batuan membutuhkan waktu yang sangat lama. Faktor-faktor yang mensugesti pelapukan, antara lain keadaan struktur batuan, topografi, cuaca,iklim dan vegetasi. Berdasarkan proses terjadinya, pelapukan dibedakan menjadi tiga sebagai berikut:

1. Pelapukan mekanik

Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan
Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan. Courtesy : Kidnesia.com


Pelapukan mekanik ialah rusaknya batuan alasannya ialah efek waktu yang lama. Siang hari kepanasan(mengembang), malam hari kedinginan (menyusut). Proses mengembang dan menyusut setiap hari mengakibatkan batuan retak dan pecah-pecah. Air yang mengalir, angin yang bertiup, dan ombang yang menghantam karang, juga berakibat pada pecahnya batuan-batuan menjadi klastika-klastika berukuran besar hingga yang kecil (bongkah, kerakal, kerikil, pasir, abu dan lempung).

2. Pelapukan organik

Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan
Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan. Courtesy : lukmantryatmojo.wordpress.com


Pelapukan organik ialah rusaknya batu-batuan jawaban acara makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ini ada yang mekanik ada pula yang bersifat kimiawi. Aktivitas mekanik mengakibatkan lubang-lubang hingga tanah longsor, desakan akar sanggup memecah batuan atau tembok. Aktivitas kimiawi mengakibatkan pelapukan biokimia, contohnya akar tanaman.

3. Pelapukan kimia



Pelapukan  kimia ialah rusaknya batuan-batuan jawaban reaksi kimia. Contoh: air hujan alasannya ialah mengandung CO2, sanggup melarutkan batuan gamping. Semua benda yang terkena larutan asam akan hancur. Pelapukan kimia banyak terjadi di tempat tropik, contohnya pelapukan di tempat kapur (karst). Pelapukan kimia sanggup mengakibatkan gejala-gejala karst.

Itulah Artikel Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan. Semoga bermanfaat.

Tag : Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan, Pelapukan dan proses terjadinya pelapukan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelapukan Dan Proses Terjadinya Pelapukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel