Pengertian Penyimpangan Sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial - Selamat siang Sahabat Blogger Jemo Lintank Kali ini kita membahas wacana Pengertian penyimpangan Sosial. 



Setiap hari media massa menyajikan aneka macam macam berita. Berita tersebut antara lain, wacana aneka macam macam kegiatan insan yang oleh masyarakat dianggap sebagai penyimpangan terhadap nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku, ibarat pencurian, perampokan, penganiayaan, pembunuhan dan pemerkosaan. Berita ini muncul hamper setiap hari sehingga mendatangkan kegelisahan pada individu-individu atau kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat. Kaum perempuan khawatir kejadian pencopetan dan pelecehan seksual akan terjadi pada dirinya. Kelompok orang bau tanah khawatir anaknya menjadi korban atau menjadi pelaku penyimpangan sosial.

James E. Van der Zanden mendefinisikan penyimpangan sebagai sikap yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi. Walaupun masyarakat berusaha semoga setiap anggotanya berperilaku sesuai impian masyarakat, tetapi dalam setiap masyarakat selalu dijumpai adanya anggota yang menyimpang. Misalnya, siswa SMU yang pada jam sekolah tidak berada di kelas mengikuti pelajaran, tetapi malah lainnya, para pelajar yang dibutuhkan saling akrab alasannya mempunyai kewajiban dan kondisi yang kurang lebih sama, ternyata melaksanakan perkelahian antara sesamanya. Perilaku menyimpang sanggup diartikan sebagai setiap sikap yang tidak berhasil mengikuti keadaan dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Dengan kata lain, sikap yang menyimpang ialah perbuatan yang mengabaikan norma, yang terjadi apabila seseorang atau kelompok orang tidak mematuhi patokan-patokan yang berlaku di dalam masyarakat.

Nilai-nilai dan norma-norma di dalam masyrakat merupakan ukuran bagi menyimpang atau tidaknya suatu tindakan. Artinya, suatu tindakan yang pantas dan sanggup diterima dalam situasi dan tempat tertentu, sanggup saja tidak patut diterapkan dalam suasana dan tempat lain.

Misalnya, memakai pakaian minim dikala berenang di bak merupakan perbuatan pantas dan sanggup diterima, tetapi kalau pakaian minim tersebut dikenakan untuk tiba kesekolah akan dianggap tidak patut dan akan mendapat sanksi.

Berciuman denga pacar di tempat umum. Bila dilakukan di Negara-negara barat merupakan perbuatan yang sanggup diterima. Akan tetapi, di Indonesia, apalagi di daerah-daerah tertentu akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kesusialaan.

Perhatikan lingkungan anda masng-masing, carilah contoh-contoh lain yang termasuk sikap menyimpang. Kemukakan pula norma sosial apa yang dilanggar oleh sikap menyimpang itu.
Robert M.Z Lawang mendefinisikan sikap menyimpang sebagai semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu system sosial, dan menjadikan perjuangan dari merekea yang berwenang dalam system itu untuk memperbaiki sikap yang menyimpang.

Menurut jenisnya terdapat dua kategori sikap menyimpang, yaitu penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder. Penyimpangan primer yaitu sikap menyimpang yang pertama kali dilakukan seseorang. Penyimpangan sekunder yaitu sikap menyimpang yang merupakan pengulangan dari penyimpangan sebelumnya.

Tag : Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial,Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial, Pengertian Penyimpangan Sosial Pengertian Penyimpangan Sosial

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Penyimpangan Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel