Definisi Virus Secara Umum

Definisi Virus Secara Umum -- Pada artikel kali ini Mimin akan membahas perihal virus. Dengan mempelajari artikel perihal virus semoga kita bisa mengenal ciri-ciri virus dan cara menghindarinya, sehingga kita mengerti peranan virus dalam kehidupan.

Pada artikel kali ini Mimin akan membahas perihal virus Definisi Virus Secara Umum
Definisi Virus Secara Umum


Negara indonesia beberapa tahun terakhir ini disibukkan dengan penangan penyakit menular yang diakibatkan oleh mikroorganisme, antara lain penyakit flu burung.

Penyakit flu burung sanggup mengakibatkan kematian. Penularan penyakit itu sangat cepat. Penularan penyakit ini disebabkan oleh binatang sejenis unggas.

Flu burung atau avian influenza ialah sebuah penyakit yang paling menghebohkan pada waktu itu. Tahukah kamu, penyakit ini populer bukan lantaran sanggup menyebabkkan ajal unggas dalam waktu yang relatif singkat, melainkan lantaran sifatnya yang sanggup menular dari unggas ke insan dan mengakibatkan ajal yang cepat pada manusia.

Perlu kau ketahui meskipun namanya flu burung namun ternyata penyakit ini juga menyerang binatang lain ibarat babi, kucing dan musang.

Adanya penyakit mengakibatkan insan mencari tahu perihal penyebab penyakit dan upaya mencegah tertularnya penyakit tersebut serta cara pengobatannya. Kemampuan insan itu merupakan anugerah ilahi yang wajib kita syukuri.

Apa yang kau pikirkan dari munculnya penyakit menular tersebut ? Tentu kau ingin mengetahui penyebab penyakit tersebut dan cara menanggulanginya.

Beberapa hebat meneliti dan menyatakan bahwa penyakit flu burung disebabkan oleh virus. Virus mempunyai golongan sendiri yang sering dikenal sebagai “ the invisible kingdom “ atau sebagai kerajaan yang tak terlihat. Hal itu dikarenakan virus merupakan makhluk hidup sangat kecil yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

Apakah sebetulnya virus itu ? virus merupakan hasil seleksi nukleoprotein kompleks atau dibangun dari zat yang unik bagi kehidupan, yaitu asam nukleat dan protein. Dari skema tersebut sanggup diketahui bahwa struktur sebuah virus belum sanggup dikatan sebuah sel lantaran hanya mempunyai bahan genetik DNA ata RNA.

Tahukah kau bahwa virus merupakan garis batas antara hidup dan tak hidup. Apabila beliau berada di dalam sel hidup, maka beliau sebagai makhluk hidup, tetapi jikalau berada di luar sel hidup sanggup dikatakan sebagai makhluk tak hidup, jikalau demikian apakah mereka itu ? mari kita pelajari sifat-sifat virus, biar kita sanggup mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan virus.

- CIRI-CIRI UMUM VIRUS

Istilah virus mempunyai arti racun, sedikit kau telah mengerti  bahwa keberadaan virus mempunyai dua fase, yaitu satu di dalam sel-sel hidup dan satu di luar sel-sel hidup. Di luar inangnya virus mempunyai ciri tersendiri, yaitu mempunyai partikel sangat kecil yang hanya sanggup dilihat dengan mikroskop elektron dan mereka bisa lolos melewati pori-pori saringan yang tidak memungkinkan dilewati oleh bakteri. Mereka memperbanyak diri hanya di dalam sel-sel hewan, dan mikroorganisme lain. Dengan demikian, sanggup dikatakan virus sebagai “ Parasit obligat “. Apakah hal tersebut sudah dibuktikan ?

Bukti yang pertama kali dilakukan oleh D.J Ivanosky ( spesialis botani dari rusia ) pada tahun 1892, yaitu denganmembuat prepat dan ekstrak daun tembakau yang terjangkit penyakit mosaik tembakau. Selanjutnya, ekstrak tersebut disaring melalui penyaringan yang dimikain halusnya sehingga basil yang ada sanggup tersaring. Cairan hasil dari penyaringan kemudian dioleskan pada daun yang sehat. Hasilnya ternyata di luar dugaan, yaitu daun menjadi sakit. Kasus tersebut dilanjutkan oleh WENDEL STANLEY pada tahun 1935 dari amerika serikat, yang berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik tembakau. Apabila kristal virus diinjeksikan pada tumbuhan yang sehat, maka virus akan segera aktif mengganda, yang berarti ia bukan sel, jadi virus berbeda dengan bakteri.

- Ukuran virus
Virus ialah partikel berukuran sangat kecil yang sanggup menginfeksi hampir semua jenis makhluk hidup. Kita tidak sanggup melihat virus dengan mata telanjang, tetapi kita harus memakai mikroskop elektron, lantaran ukurannya sangat mikrosopik.  Virus mempunyai ukuran sekitar 20-30 nanometer (nm), 1 nm = 1 / 1.000.000.000 meter. Ukurannya rata-rata 50 lebih kecil dari bakteri.

- Bentuk virus
Tahukah kau ternyata virus mempunyai struktur sederhana, yang hanya tersendiri atas selbung atau protein pelindung yang disebut kapsid yang tersusun atas molekul protein dan pecahan isi yang tersusun atas asam nukleat berupa DNA atau RNA, sanggup pula dilengkapi dengan pembungkus atau envelope dari lipoprotein ( lipid dan protein ) yang merupakan membran oleh subunit yang sama atau identik disebut kapsomer. Bentuk kapsomer ini sangat simetris dan suatu ketika sanggup mengkristal. Gabungan kapsomer ini akan membentuk kapsid. Dengan demikian sanggup diketahui, sebuah virus pembungkus protien yang dinamakan cirion atau partiekel virus. Makara virus,tidak mempunyai sitoplasma serta tidak mempunyai organela sehingga tidak melaksanakan metabolisme.

- Cara hidup virus
Virus bersifat sebagai benalu obligat, jadi beliau tidak sanggup hidup di alam secara bebas, tetapi harus berada di dalam makhluk hidup lain.Apabila hidup di dalam makhluk hidup, maka virus akan berkembang biak, contohnya di dalam sel bakteri, sel hewan, atau sel flora tingkat tinggi. Dasar inilah yang dipakai untuk membedakan jenis-jenis virus.


Jenis virus ada tiga, yaitu virus bakteri, virus hewan, dan virus tumbuhan. Pada virus binatang terdapat asam nukleat DNA dan RNA, sedangkan virus flora berisi RNA. Pada DNA umumnya berantai ganda terpilin ( double helix ), pola virus ini antara lain influenza, virus herpes, virus kutil, virus alat kelamin, virus belek, dan virus yang mengakibatkan kanker.  DNA yang berantai tunggal, contohnya virus yang bekerjasama dengan cacar. Untuk virus RNA, baik yang berantai ganda atau tunggal semuanya tidak terpilin, pola virus RNA antara lain TMV ( Tobacco Mozaic Virus ), virus polio, virus HIV.

Itulah Artikel Definisi Virus Secara Umum. Nantikan artikel-artikel seru dan bermanfaat lainnya hanya di BLOGGER JEMO LINTANK :)

Tag : Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum Definisi Virus Secara Umum Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum, Definisi Virus Secara Umum,, Definisi Virus Secara Umum,, Definisi Virus Secara Umum

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Virus Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel