Pengertian Dasar Negara Dan Fungsi Dasar Negara

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara - Hai sahabat blogger jemo Lintank, di malam 17 agustus kali ini admin akan membahas tentang Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara. Mau tahu Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara? Langsung dibaca yuk.

Dasar Negara menjiwai atau mendasari konstitusi yang berlaku pada Negara yang bersangkutan. Dasar Negara memperlihatkan anutan atau landasan nilai-nilai dalam penyelenggaraan Negara. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam dasar Negara bersumber dari tata kehidupan masyarakat Negara dan budayannya. Agar sanggup digunakan dan dilaksanakan dalam penyelenggaraan Negara maka diwujudkan dalam Undang-Undang Dasar Negara. Apa bahwasanya dasar Negara itu? Artikel kali ini akan membahas semua perihal pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara.

- Pengertian dasar Negara

Pada hakikatnya, dasar Negara merupakan filsafat Negara (polliticak philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber aturan atau sumber dari tata tertib aturan dalam Negara. Untuk memahami pengertian filsafat Negara, terlebih dahulu perlu dibahas perihal filsafat. Secara etimologis, filsafat berasal dari kata philos yang berarti sahabat, cinta dan Sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, filsafat ialah pengetahuan dan penyelidikan, dengan nalar akal mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal dan hukumnya. Political philosophy merupakan perilaku hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak sanggup dibuktikan kebenaran dan kesalahannya.

- Fungsi dasar Negara
Pada umumnya, dasar Negara dipergunakan oleh bangsa atau Negara pendukungnya dan mempunyai fungsi sebagai berikut:

a. Dasar bangun dan tegaknya Negara
Pemikiran yang mendalam perihal dasar Negara lazim muncul saat suatu bangsa hendak mendirikan Negara. Oleh lantaran itu, dasar Negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu Negara. Sesudah Negara berdiri, dasar Negara sanggup menjadi landasan bagi pengelolaan Negara yang bersangkutan.

b. Dasar kegiatan penyelenggaraan Negara
Negara didirikan untuk mewujudkan impian dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara Negara. Agar para penyelenggara Negara benar-benar sanggup mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar Negara.

c. Dasar partisipasi warga Negara
Semua warga Negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan Negara dan berpartisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam memakai hak dan menunaikan kewajiban itu, seluruh warga Negara harus berpedoman kepada dasar Negara.

d. Dasar pergaulan antarwarga Negara
Dasar Negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga Negara dan Negara, melainkan juga dasar bagi hubungan  antarwarga Negara.

e. Dasar dan sumber aturan nasional
Seluruh kegiatan penyelenggaraan Negara dan warga negala dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus didasarkan pada aturan yang berlaku. Oleh lantaran itu, semua peraturan perundang-undangan yang dibuat untuk penyelenggaraan Negara harus menurut pada dasar Negara.

Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara
Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Tag: Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara,, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara, Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara Pengertian dasar Negara dan fungsi dasar Negara

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dasar Negara Dan Fungsi Dasar Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel